Minggu, 13 Mei 2012

Cara Mendeteksi Komputer Yang Terkena Virus



Hari ini rupanya pembuat virus-virus lokal mulai menampakkan cara kerja virusnya,, sehingga dengan adanya virus itu sangat mengganggu sekali keberadaannya. lain halnya dengan virus-virus yang berskala international, seperti salah satunya trojan,,, konon keberadaan virus ini hampir susah untuk terdeteksi terutama bila anda menggunakan antivirus lokal,, dan untuk menagani virus berupa trojan ini salah satunya harus pake antivirus yang terbaik,, beberapa antivirus terbaik salah satunya yaitu bit vinder, kaspersky, eset nod32, norton, avas, avira, dan kawan-kawanya.

Namun bila kita menggunakan antivirus lokal sangat kurang baik dalam mendeteksi virus,, jika dibandingkan dengan antivirus international antivirus lokal sudah pasti akan dilibas.
Nah bagaimana kita mengetahui apakah antivirus kita bagus atao tidak??
Pada dasarnya semua antivirus bagus hanya saja perlu di UPdate. Update kalo di lihat dalam kamus bhs inggris artinya adalah memperbaharui, fungsinya dari update antivirus adalah agar supaya kalo ada virus yang baru dibuat bisa di hapus atau paling tidak dibersihkan dari komputer anda. Dan perlu diketahui beberapa antivirus yang bagus sudah menggunakan lisense (izin) atau biasa disebut lisenskey (kode yang dipake agar bisa mendapatkan update dari suatu antivirus) kode itu bisa berupa angka-angka kombinasi yang bisa didapat dari penyedia dari antivirus itu. Namun beberapa antivirus terbaik sudah menjual lisenskey itu. Nah untuk mendapatkannya tentunya harus dengan membeli lisenskey tersebut. Nah buat yang punya modal banyak sih sy pikir tidak jadi masalah, nah yang menjadi tanda tanya besar adalah bagi yang tidak cukup modal,, Yah kalo itu sementara pake antivirus yang gratisan saja. Tapi kekurangannya adalah kurang maksimal dalam membersihkan virus.
Ok saya kira perkenalan cukup disini,, kita kembali judul topik yang kita bahas ini, bagaimana cara mengetahui komputer kita kena virus?? Ada beberapa cara untuk mengetahui komputer kita terkena virus,, beberapa virus terutama virus indonesia banyak sekali menginggalkan jejak kalo komputer kita terkena virus,, salah satunya kalo ada flash disk di colok,, trus tiba-tiba banyak muncul shortcut ada juga yang foledernya hilang (yang sebenarnya folder itu tidak hilang hanya saja folder itu disembunyikan oleh virus) nah itu dia ciri-ciri pertama komputer kita kena virus,, selanjutnya adalah komputer makin hari makin lambat, beberapa aplikasi mulai tidak bisa terbuka,, penyebab beberapa aplikasi tidak jalan adalah karna virus itu sendiri. Nah adapaun cara lainnya adalah dengan menekan ctrl + alt + del tiga tombol tersebut ditekan bersamaan, kalo komputer anda dalam keadaan baik-baik maka komputer anda akan muncul windows task manager (yang menjadi pertannyaan lagi apa itu task manager dan apa fungsinya??) task maager berfungsi untuk mengukur kadar penggunaan kinerja komputer kita bila banyak aplikasi maka performance nya akan tinggi, namun bila tdk banyak aplikasi jalan performancenya akan berjalan normal dan rendah. Nah lanjut dibagian task manager disitu ada kolom processes, ini adalah berfungsi menampilkan aplikasi yang sedang berjalan nah virus lokal yang jalan bisa dihapus atau dimatikan dengan sistem task manager itu,, untuk itu beberapa pembuat virus biasa merusak task manager itu tujuannya agar virusnya tidak dapat dihapus,, alias dibiarkan berjalan-jalan di komputer anda. Artinya kalo anda menekan 3 tombol kombinasi anda skarng lalu tidak muncul task manager. SELAMAT komputer anda terjangkit virus,, langkah yang terakhir adalah dengan menekan klik start pada laptop/pc anda dan kemudian klik run apabila run ada pada laptop/pc anda maka itu tandanya baik namun tidak cukup sampai disitu, dan setelah klik run akan ada muncul kota dialog disitu kita masukkan kata “regedit” tanpa tanda petik. kalo regedti itu bisa muncul berarti komputer/pc anda dalam keadaan baik-baik saja namun bila tidak muncul berarti sekali lagi saya ucapkan selamat komputer anda terjangkit virus.
Mungkin cukup sampai disini dulu tips kita kali ini,, Sya akan berikan tips yang lain dalam kesempatan yang lain pula!!! terimakasih,, semoga bermaanfaat, bagi yang ingin bertanya-tanya silahkan berikan komen!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar